Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astaga, Anggaran Sail Morotai Belum Direalisasikan

Kompas.com - 01/09/2012, 07:41 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com -- Pelaksanaan Sail Morotai hanya tinggal dua minggu lagi. Namun pemerintah belum juga merealisasikan anggaran pelaksanaan Sail Morotai yang rencananya digelar 15 September 2012.

Wakil Bupati Pulau Morotai, Wenny R Paraisu, dalam konferensi pers terkait kesiapan Pelaksanaan Sail Morotai, Jumat (31/8/2012) malam, mengaku sampai saat ini anggaran pelaksanaan Sail Morotai yang dialokasikan pemerintah pusat belum juga direalisasikan. "Oh belum itu, sampai sekarang belum ada realisasinya. Tapi hasil koordinasi terakhir kita dengan Kementrian Kesra katanya sekitar awal September karena masih menunggu DIPA di Kementrian Keuangan," kata Wenny menjawab pertanyaan wartawan.

Dalam kesempatan tersebut, Wenny juga menyesalkan dengan alokasi anggaran Sail Morotai dari pemerintah pusat. Diungkapkan Wenny,  awalnya anggaran pelaksanaan Sail Morotai diusulkan kurang lebih Rp 14 miliar. Namun disetujui pemerintah hanya Rp 4 miliar. "Itu pun sudah tidak sampai Rp 4 miliar lagi, dipangkas hingga tinggal Rp 2,3 miliar. Itupun belum cair sampai sekarang. Wallahuwallam, mungkin saat cair tidak sampai begitu lagi," keluh Wenny.

Anggaran pelaksanaan Sail sebesar Rp 2,3 miliar itu hanya untuk pelaksanaan acaranya saja. Tidak termasuk alokasi anggaran untuk infrastruktur Sail. "Item anggarannya untuk pelaksanaan acaranya saja, tidak untuk infrastruktur," tegasnya.

Bagi Wenny, dalam kalkulasi Pemkab Pulau Morotai anggaran sebesar Rp 2,3 miliar itu tidak cukup. Sebab masalah untuk mengantisipasi masalah akomodasi pada saat Sail saja membutuhkan anggaran sekitar Rp 5-6 miliar. Tapi Pemkab Morotai berusaha untuk tidak putus asa. "Kita tetap memberikan yang terbaik. Kalau anggaran itu tidak cukup kita cari akal lagi," tandasnya.

Dia pun berharap, anggaran yang dialokasikan pemerintah pusat itu secepatnya direalisasikan agar pelaksanaan Sail Morotai tidak menemui kendala. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com