Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Dapat Raskin, Ibu-ibu di Palopo Demo Lurah

Kompas.com - 29/08/2012, 21:05 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

PALOPO, KOMPAS.com -- Karena tidak mendapat jatah beras miskin (raskin), puluhan warga Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, mendemo kantor Lurah Pontap, Rabu (29/2012) sore.

Aksi protes pembagian jatah raskin ini dilakukan sekitar 30-an warga yang kebanyakan kaum ibu-ibu. Mereka mendatangi kantor Kelurahan Pontap dengan mempertanyakan kepada petugas kelurahan yang telah mengeluarkan daftar nama dari pembagian jatah beras miskin.

Menurut warga yang rata-rata ibu- ibu tersebut, seharusnya nama mereka dimasukan ke daftar penerimaan raskin karena mereka memang layak. Sementara banyak warga yang kondisi ekonominya mapan, malah namanya terdaftar dan mendapat jatah raskin.

Perwakilan masyarakat Pontap, Basiruddin mengatakan, pengurangan jatah raskin yang dilakukan pemerintah tidak berdasarkan kondisi riil.

"Banyak warga yang pantas menerima jatah raskin malah tidak dapat. Malah sebaliknya banyak orang mampu yang dapat jatah raskin," ungkap Basir, Rabu (29/8/2012).

Sementara itu, Camat Wara Timur Mas Jaya berjanji pihaknya akan mendata kembali untuk menentukan siapa yang lebih pantas mendapat raskin.

"Kami akan melakukan pendataan, namun jumlah yang telah ditetapkan dari pusat, tidak boleh ditambah, ataupun juga dikurangi. Pastinya tetap mengacu pada kriteria yang telah di tetapkan," ungkap Jaya.

Setelah mendapat penjelasan dari pihak kelurahan, warga kemudian membubarkan diri. Namun mereka mengancam akan kembali mendatangi kantor lurah jika saja nama mereka tidak dimasukkan sebagai penerima raskin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com