Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Soputan Meletus

Kompas.com - 26/08/2012, 22:42 WIB
Ahmad Arif

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Setelah sempat dinyatakan waspada petang tadi, Gunung Soputan di Sulawesi Utara meletus pada Minggu (26/8/2012), sekitar pukul 21.50 Wita. Ketinggian asap dilaporkan mencapai 5.000 meter dari puncak. Warga diimbau tidak beraktivitas dalam radius 6 km dari puncak.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Surono mengatakan, Gunung Soputan telah dinaikkan statusnya dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) sejak pukul 20.00.  Selang dua jam kemudian gunung ini meletus.

Asap letusan tertiup ke arah utara dan hujan abu tebal berpotensi terjadi di kawasan itu. "Masyarakat agar tetap tenang, tidak perlu ada pengungsian warga di sekitar Gunung Soputan," kata Surono.

Permukiman warga masih berada di luar zona bahaya, yaitu sekitar 6,5 km dari puncak. "Jika terjadi hujan abu, agar masyarakat menggunakan masker penutup hidung dan mulut." Surono juga menghimbau agar tidak beraktivitas dalam radius 6 km dari puncak gunung.

Pendakian dan aktivitas berkemah di puncak gunung Soputan dihindari. Sebelumnya, status gunung yang terletak di Minahasa itu juga sempat dinaikkan dari Waspada ke Siaga pada Senin (28/5/2012). Namun, kemudian statusnya diturunkan seiring dengan penurunan aktivitas. Pada Juli tahun 2011 lalu ini juga meletus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com