Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Politisasi Bantuan Korban Kebakaran!

Kompas.com - 25/08/2012, 16:41 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam bantuan dan uluran tangan terus berdatangan untuk menangani situasi pasca kebakaran di pemukiman padat penduduk di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Sayangnya, masih ada sejumlah praktik politisasi penyaluran bantuan dengan mengatasnamakan tim sukses dari kedua pasangan calon gubernur DKI Jakarta.

Camat Tambora Isnawa Adji mengatakan, ia mendengar adanya kekisruhan penyaluran bantuan kepada korban kebakaran di Kelurahan Pekojan, yang terbakar pada 28 Juli 2012. Waktu itu datang bantuan yang kemudian dititipkan kepada salah satu orang yang mengaku sebagai panitia posko penanggulangan bencana. Namun, orang tersebut kemudian membagikannya ke lokasi pengungsian dengan mengatasnamakan salah satu pasangan calon gubernur meskipun bantuan itu berasal dari instansi di luar politik.

Isnawa berharap agar setiap pihak yang ingin memberikan bantuan kepada korban kebakaran tidak terpancing oleh upaya-upaya seperti itu. Ia meminta agar bantuan disampaikan melalui perangkat pemerintahan yang sah.

"Berbagai bantuan kalau bisa langsung ke RT, RW, kelurahan, atau tingkat kecamatan. Kami akan terus mendata dan mengawasi berbagai bantuan yang ada," kata Camat Tambora Isnawa Adji, Sabtu (25/8/2012).

Kecamatan Tambora termasuk salah satu wilayah yang paling sering menjadi langganan kebakaran di Jakarta. Kebakaran di wilayah ini juga kerap menghanguskan banyak bangunan karena padatnya permukiman penduduk di tempat tersebut.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com