Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Hemat, Pemudik di Pamekasan Kembali Pakai Perahu

Kompas.com - 24/08/2012, 21:26 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Balik Lebaran melalui jalur laut dengan mode transportasi perahu, masih tetap diminati oleh warga di Pamekasan dengan tujuan pelabuhan Besuki, Situbondo Jawa Timur ataupun sebaliknya. Jumat (24/8/2012), perahu bermuatan 50 penumpang tiba di pantai Talang Siring, Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan.

Angkutan laut ini menurut warga menjadi alternatif transportasi darat. Pasalnya, ongkosnya lebih murah daripada transportasi darat yang menggunakan angkutan umum. Selain itu, waktu perjalanannya lebih singkat daripada transportasi darat.

Suham, warga Desa Kertagena Laok, Kecamatan Kadur mengatakan, setelah sepekan berada di Jawa, dirinya kembali lagi ke Madura dengan menggunakan jalur laut. "Ongkosnya cuma Rp 35.000 per orang dan perjalanannya cuma 4 jam sudah sampai tujuan," katanya saat ditemui Kompas.com, Jumat (24/8/2012).

Ditambahkan pria tiga anak ini, jika melalui angkutan darat, perjalanan menuju Besuki, Situbondo bisa ditempuh sampai 9 jam dan ongkosnya sampai Rp 70.000. "Ada penghematan waktu dan uang sampai separuh," ungkapnya.

Selain itu, kalau naik perahu untuk anak-anak tidak dikenai tarif angkutan. Syamsuri, penumpang perahu lainnya justru enggan naik angkutan darat jika pulang ke Jawa. Alasannya sama, soal waktu dan biaya. Meskipun demikian, dirinya tidak menampik adanya risiko di tengah laut jika sewaktu-waktu ada badai.

"Kalau risiko tidak hanya di laut, tetapi di darat juga sama. Artinya sama-sama tidak ada jaminan," ucapnya.

Masrui, pemilik perahu angkutan menilai saatnya pemerintah memberikan perhatian transportasi alternatif dengan menyediakan fasilitas yang mendukung, seperti tempat bersandarnya perahu. "Selama ini penumpang yang mau naik perahu harus terendam sampai ke tengah laut karena perahunya tidak bersandar," katanya.

Dirinya berharap dengan adanya pelabuhan dan tempat bersandar perahu, transportasi laut alternatif menjadi semakin diminati masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com