Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadishub Kuningan: Sabtu, Puncak Arus Balik Lebaran

Kompas.com - 23/08/2012, 16:37 WIB

KUNINGAN,KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat memprediksikan puncak arus balik lebaran tahun ini, akan terjadi pada Sabtu (25/8/2012) mendatang. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, Drs Jaka Chaerul yang didampingi Kepala UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Terminal Kertawangunan, Nono Darsono, di Kuningan, Kamis (23/8/2012).

Pemudik biasanya ingin sampai di rumah sehari sebelum masuk kerja agar bisa istirahat sebelum memulai aktivitas rutin. "Kami memprediksi puncak arus balik terjadi pada Sabtu mendatang mengingat hari Senin, 27 Agustus anak-anak sekolah sudah masuk," ujar Jaka.

Menurut Nono, peningkatan volume kendaraan dan arus balik lebaran dari Terminal Kertawangunan, Kuningan sudah terlihat sejak H+2 tetapi belum ada lonjakan penumpang secara drastis. Sebagian besar pemudik asal Kuningan rata-rata tujuan Jakarta, Bogor, Bandung dan beberapa kota lain seperti Jember, Jawa Timur.

Nono menambahkan sampai dengan H+2, Terminal Tipe A Kertawangunan telah memberangkatkan lebih dari 200 unit bus tujuan Jakarta dengan total penumpang sekitar 10.000 orang, dan 20 bus tujuan Bandung total penumpang 900 orang. "Pada H+2 saja Terminal Kertawangunan sudah memberangkatkan sekitar 11.000 penumpang tujuan Jakarta dan Bandung. Jumlah itu akan terus meningkat seiring puncak arus balik," katanya.

Disamping bus-bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Dishub Kabupaten Kuningan juga menyiapkan, bus-bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi ) sebanyak 35 bus, travel 40 unit dan bus pariwisata dengan tujuan berbagai kota. (Radio Sonora/Jumar Sudiana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com