Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Lebih Diprioritaskan Ketimbang Truk

Kompas.com - 23/08/2012, 11:09 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

KALIANDA, KOMPAS.com- Tahun ini, truk-truk diperbolehkan melintas di Pelabuhan Bakauheni sehari setelah Lebaran. Namun, PT ASDP Indonesia Ferry tetap memprioritaskan pemudik ketimbang truk.

Ketentuan ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana truk pengangkut non kebutuhan pokok dilarang melintas di Pelabuhan Bakauheni dan Merak, termasuk jalan lintas Sumatera, baik beberapa hari sebelum dan sesudah Lebaran, tahun ini truk diizinkan melintas sehari setelah Lebaran.

"Kami tetap memprioritaskan pemudik lebih dahulu agar tidak menggganggu kelancaran arus balik," ujar Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Heru Purwanto, Kamis (23/8/2012). Sopir-sopir truk dan pengusaha diimbau untuk menyeberang di Bakauheni pada malam hari.

Di dermaga, antrean truk juga dibuat terpisah dengan kendaraan pemudik. Terpantau Rabu (22/8/2012) malam, hanya segelintir truk yang datang ke Bakauheni. Di hari normal, biasanya jalinsum dan Bakauheni dipadati truk-truk. Truk-truk diperkirakan mulai beroperasi normal mulai Minggu (26/8/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com