Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nagreg-Limbangan-Malangbong Rawan Kecelakaan

Kompas.com - 21/08/2012, 14:15 WIB
Cornelius Helmy Herlambang

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Jalur sekitar Nagreg-Limbangan-Malangbong menjadi titik paling rawan kecelakaan di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kontur jalan yang lebar tapi berkelok-kelok menjadi penyebab utama selain rendahnya disiplin pengguna kendaraan.

"Jalur itu relatif nyaman dilintasi karena jalannya lebih besar dan kondisnya mulus. Namun, hal itu justru memperbesar tingkat kelalaian pengemudi," kata Kepala Kepolisian Resor Garut Ajun Komisaris Besar Enjang Hasan Kurnia di Garut, saat dihubungi dari Jakarta, Selasa (21/8/2012).

Data Korps Lalu Lintas Polri dan Kepolisian Daerah Jawa Barat menyebutkan, kecelakaan tertinggi di Jabar ada di Kabupaten Garut. Dari 241 kecelakaan lalu lintas di Jabar sebanyak 39 kecelakaan terjadi di Garut hingga pukul 14.00. Kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa semuanya terjadi di sekitar Nagreg-Limbangan-Malangbong.

Oleh karena itu, Enjang mengharapkan agar pengguna jalan mau menaati arahan polisi. Di antaranya, tidak merusak marka jalan, mau berhenti di saat kelelahan, hingga tidak menerobos jalan berlawanan. "Hal ini berlaku bagi semua jenis kendaraan meskipun lebih dari 50 persen kecelakaan dan kemacetan dipicu pemudik motor," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com