Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terisolasi, Bantuan Korban Gempa Sigi Dikirim dengan Helikopter

Kompas.com - 21/08/2012, 10:27 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PALU, KOMPAS.com - Memasuki hari ketiga pascagempa bumi 6,2 Skala Richter, lima desa di Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, masih tersiolasi. Akses jalan ke lima desa tersebut yang hanya bisa dilewati kendaraan roda dua masih tertimbun longsor.

Rencananya, hari ini, Selasa (21/8/2012), upaya membuka jalan menuju Kecamatan Lindu akan dilanjutkan kembali. Kelima desa yang belum terjangkau bantuan pascagempa adalah Desa Puro'o, Desa Langko, Desa Anca, Desa Kanawu dan Desa Tomado.

Komandan Kodim 1306 Donggala Letkol CZI Rudy Wahyudiono yang juga juga Ketua Satuan Tugas Koordinasi dan Pelaksana (Satkorlak) mengatakan, medan menuju lokasi bencana di Kecamatan Lindu berat.

"Medannya berat karena berada di lereng-lereng gunung, sementara di bawah sudah jurang. Anggota kita sudah ada yang tembus ke sana dengan berjalan kaki untuk mendata jumlah korban dan kerusakan bangunan. Sementara untuk pengiriman bantuan hari ini akan dilakukan dengan menggunakan helikopter," kata Rudy.

Ia juga mengatakan, akses jalan menuju dua kecamatan yang semula terisolasi akibat gempa yaitu Kecamatan Kulawi dan Kecamatan Gumbasa kini sudah terbuka.

Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter di Sigi terjadi Sabtu (18/8/2012) pukul 17.41 Wita. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer dengan episentrum sekitar 42 kilometer arah tenggara Kota Palu. Gempa juga dirasakan di Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Parigi Moutong.

Wilayah yang paling merasakan dampak gempa adalah Kecamatan Lindu, Kulawi, dan Gumbasa yang terletak di perbukitan. Ketiga kecamatan itu juga masuk ke dalam daerah yang dilalui sesar aktif Palu-Koro yang membentang dari Teluk Palu hingga Teluk Bone.

Lima warga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, dilaporkan tewas akibat gempa. Puluhan warga lainnya masih dirawat akibat luka berat dan ringan.

Gempa juga menimbulkan longsor yang menyebabkan lima desa di Kecamatan Lindu hingga Senin masih terisolasi. Ada 61 titik longsor di sepanjang 7 kilometer yang menutup badan jalan menuju Lindu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com