Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembilan Korban Gempa Sigi Dirujuk ke Palu

Kompas.com - 19/08/2012, 20:00 WIB

PALU, KOMPAS.com - Sembilan dari puluhan korban yang mengalami luka-luka akibat gempa berkekuatan 6,2 skala Richter di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu untuk mendapatkan perawatan.

"Mereka berasal dari beberapa desa di Kecamatan Gumbasa dan Kulawi," kata penanggungjawab Puskesmas di Desa Tua, Kecamatan Gumbasa, bidan Herlina, Minggu (19/8/2012).

Para korban itu terpaksa dirujuk ke Palu karena mengalami cedera serius yang memerlukan penanganan medis secara intensif.

Ada beberapa korban yang mengalami patah tangan dan kaki karena tertimpah reruntuhan bangunan. Ada juga seorang korban yang sedang hamil tua ikut dirujuk ke Palu.

Khusus korban yang sedang hamil sembilan bulan itu berasal dari Desa Boladangko, Kecamatan Kulawi.

Tetapi kebanyakan dari sembilan korban yang dirujuk tersebut berasal dari Desa Saluwa, Kecamatan Kulawi dan Desa Tua Kecamatan Gumbasa.

Total korban yang sempat berobat di Puskesmas di Desa Tua hingga Minggu (19/8/2012) pukul 16.00 WITA tercatat sudah 27 orang, termasuk sembilan yang dirujuk ke Palu.

Bidan Herlina juga mengatakan tidak kekurangan stok obat-obatan. Stok berbagai jenis obat untuk memenuhi kebutuhan para korban gempa bumi yang cukup keras melanda sejumlah kabupaten di Sulteng, termasuk Sigi itu mencukupi kebutuhan.

Soal stok obat tidak ada masalah karena begitu mulai berkurang, langsung disuplai lagi dari Dinas Kesehatan Sigi dan juga Provinsi Sulteng.

Posko utama korban gempa di Sigi untuk sementara ini dipusatkan di Desa Tua. Desa Tua merupakan salah satu desa di Kecamatan Gumbasa yang terbilang banyak tingkat kerusakan bangunan rumah.

Sejumlah korban yang dirujuk ke RSUD Undata Palu diantaranya Ny Uni,Jidan, Celsi, Netelia, Min, Alamsyah dan Julhana.

Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,2 skala Richter yang mengguncang sejumlah kabupaten di Sulawesi Tengah, Sabtu (18/8/2012) pukul 17.42 WITA mengakibatkan empat orang tewas, semuanya warga Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi.

Data sementara jumlah bangunan rumah yang rusak ringan akibat gempa bumi di Kabupaten Sigi yang telah terdata baru 197 buah dan 41 rusak berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com