Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habitat Rusak, Orangutan Rambah Pemukiman Warga

Kompas.com - 10/08/2012, 17:31 WIB
Kontributor Kompas TV, Ananda Eka Putra

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com -- Yayasan Borneo Orangutan Survival-BOS Jumat (10/8/2012) siang mengevakuasi satu bayi orangutan betina yang diperkirakan berusia 2 tahun dari salah seorang warga Perumahan Bumi Palangka 2, Kota Palangkaraya.

Bayi orangutan spesies pongo pygmaeus yang merupakan spesies asli penghuni hutan tropis Kalimantan Tengah ini diselamatkan warga pada Jumat dinihari saat berkeliaran di atap salah satu rumah di pemukiman penduduk itu.

Kordinator komunikasi yayasan BOS, Friedman Monterado mengaku pihaknya sejak awal musim kemarau banyak menerima orangutan dari masyarakat. Banyaknya orangutan yang memasuki pemukiman penduduk diduga disebabkan oleh kerusakan habitat mereka akibat kebakaran hutan, lahan dan perkebunan.

"Orangutan yang diserahkan banyak sekali, terutama pada musim kemarau karena kebakaran lahan dan sebagainya. Bulan ini orangutan kelima yang masuk," ujar Friedman.

Sementara itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam-BKSDA Kalteng merilis hingga bulan Juli terjadi 202 titik api terpantau satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) yang membakar ratusan hektar hutan dan lahan di Kalimantan Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com