Kompas.com - 06/08/2012, 10:56 WIB
|
EditorFarid Assifa

KEDIRI, KOMPAS.com -- Sekitar seribuan scooterist atau penggemar Vespa dari beberapa daerah di Kediri dan sekitarnya berkumpul di Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (5/8/2012). Jika biasanya mereka berkumpul untuk acara ulang tahun atau jambore, namun kali ini mereka datang untuk ngaji bersama.

Para scooterist dari berbagai aliran seperti rongsok, standar, retro hingga gembel tersebut berkumpul bersama di Masjid Baitul Muqorror. Mereka duduk bersama mendengarkan siraman rohani dengan tema kebersihan diri yang dibawakan oleh seorang ustadz.

Penggagas kegiatan sekaligus ketua panitia, Bangkak, mengatakan, pihaknya sengaja mengambil tema kebersihan diri karena selama ini hal tersebut cukup disepelekan para scooterist, terutama saat kegiatan touring berlangsung. Pemahaman kebersihan diri, lanjut Bangkak, agar para scooterist dapat menghindari diri dari kencing atau bahkan buang air besar sembarangan karena hal tersebut kurang baik bagi lingkungan maupun diri sendiri.

"Kita ingin menyosialisasikan pentingnya kebersihan bagi kawan-kawan, dan ngaji bareng digelar untuk mengeliminir pandangan negatif dari masyarakat," kata pria yang juga ketua Gurah Scooter Club (GSC) ini.

Kegiatan tersebut ternyata mendapat respon positif dari para scooterist maupun masyarakat sekitar. Beberapa penggemar Vespa dari luar kota juga banyak yang hadir untuk berpartisipasi seperti dari Jember, Magelang, hingga Bali.

"Saya mengapresiasi kegiatan teman-teman dari Kediri ini. Sekaligus dapat meningkatkan tali persaudaraan," kata scooterist yang datang dari Magelang ini.

Setelah ngaji bareng itu, mereka kemudian mengikuti buka bersama serta menikmati pemutaran film indie tentang sejarah moda transportasi dari Italia ini. Film tersebut juga berisikan imbauan dari kepolisian agar senantiasa mentaati peraturan lalu lintas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.