Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Esemka Akan Segera Diproduksi Masal

Kompas.com - 03/08/2012, 16:33 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com -- Mobil Esemka segera diproduksi masal setelah lolos uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulis Serpong, Tangerang. Hanya saja, sertifikat lolos uji emisi masih tertunda karena dianggap mobil tersebut kelebihan berat.

Menurut Wali Kota Solo Joko Widodo, setidaknya mobil Esemka harus dikurangi beratnya kurang lebih satu ton. "Karena berat yang berlebih akan berpengaruh kepada konsumsi bahan bakar," katanya.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini menambahkan hal tersebut akan ditindaklanjuti dengan perampingan bodi mobil sehingga akan irit dan siap untuk diproduksi masal. "Kita akan segera memproduksi masal setelah mobil Esemka dirampingkan," katanya saat melakukan kunjungan ke rumah warga, Jumat (3/8/2012).

Dirinya juga berencana akan menyambut kedatangan mobil Esemka dengan kirab pada 16 Agustus mendatang.

Saat ditanya total produksi mobil Esemka, Jokowi mengaku belum mengetahuinya. Menurutnya, produksi mobil Esemka akan disesuaikan dengan kemampuan.

"Langsung dimulai saja setelah kita terima surat sertifikasinya, dan jumlahnya kita sesuaikan dengan kemampuan," katanya.

Pada tanggal 29 Mei 2012 lalu, mobil Esemka dinyatakan tidak lolos uji emisi. Mobil yang dibuat siswa SMK di Solo ini diperbaiki untuk diuji emisi lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com