Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNESCO Desak Suriah Lindungi Warisan Budaya

Kompas.com - 27/07/2012, 22:11 WIB

PARIS, KOMPAS.com--Badan Warisan Budaya Dunia PBB UNESCO, Kamis, mendesak para pihak yang berkonflik di Suriah untuk mencegah rusaknya situs budaya penting, terutama yang terletak di kota terbesar kedua negara itu, Aleppo.

"Seiring dengan peningkatan aksi kekerasan di sekitar situs bersejarah di Suriah, Direktur Jenderal UNESCO Irina Bokova mengulang kembali permintaannya ... agar semua pihak yang terlibat dalam konflik melindungi semua warisan budaya Suriah," kata organisasi itu dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu menyebutkan bahwa UNESCO "terutama sangat khawatir dengan laporan yang menyebutkan terjadi pertempuran hebat di Aleppo", yang merupakan situs warisan dunia. UNESCO juga mencemaskan sejumlah situs budaya lain termasuk benteng pengikut perang salib Crac des Chevaliers dan reruntuhan Palmyra.

Laporan itu juga mengemukakan bahwa UNESCO telah memperingatkan organisasi bea cukai internasional dan polisi untuk mewaspadai artefak curian dari negara itu.

"Dalam konteks konflik sipil sekarang, UNESCO juga prihatin dengan meningkatnya resiko perampasan properti budaya," katanya.(ANTARA/AFP)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com