Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Orang Belum Ditemukan

Kompas.com - 26/07/2012, 16:33 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com- Lima dari 24 penumpang perahu bermotor yang tenggelam di perairan Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara pada Senin malam lalu belum ditemukan. Adapun 19 penumpang lainnya ditemukan selamat.

Kepala Kantor SAR Ternate Amirudin yang dihubungi dari Ambon, Maluku, Kamis (26/7/2012), mengatakan, perahu bermotor itu tenggelam sekitar pukul 21.00, Senin, saat perjalanan dari Desa Kramat ke Ledi di Pulau Taliabu, persisnya di wilayah Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Kepulauan Sula.

Meski perahu itu tenggelam hari Senin, tim SAR Ternate sebagai koordinator SAR di Maluku Utara baru menerima laporan kejadian itu dari pihak pelabuhan di Sanana, ibu kota SUla, pada Rabu (25/7) malam. Ini kemudian ditindaklanjuti dengan pengiriman tim SAR gabungan dari Ternate pada Kamis (26/7/2012) pagi.

Pencarian tersebut, Amirudin melanjutkan, tidak mudah dilakukan karena ombak laut di lokasi kejadian setinggi tiga sampai empat meter. Selain itu, pencarian pun terhalang oleh hujan deras selama beberapa hari terakhir.

Menurut Amirudin, gelombang laut setinggi sekitar tiga sampai empat meter pula yang menenggelamkan perahu tersebut. Selain karena cuaca ekstrem, ada kemungkinan perahu tenggelam karena kelebihan muatan.

Perahu berjenis long boat yang tenggelam tersebut seharusnya hanya dinaiki oleh 15 sampai 17 orang tetapi kenyataannya orang di perahu mencapai 24 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com