Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Penyelam AS dalam Kondisi Lemas

Kompas.com - 22/07/2012, 15:42 WIB
Kontributor Kompas TV, Abdul Latif Apriaman

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Pasangan penyelam asal Amerika Serikat, Joseph Summer dan Lisa Summer, yang ditemukan selamat di Teluk Mekaki Sekotong, dilaporkan dalam kondisi lemas. Badan SAR Mataram saat ini tengah berupaya mengevakuasi mereka ke rumah sakit terdekat.

"Setelah kita menemukan mereka di rumah penduduk, ternyata kondisi mereka dalam keadaan lemas, jadi mesti dievakuasi ke rumah sakit," kata Nanang Sigit PH, Kasi Operasional Badan SAR Mataram, Minggu (22/7/2012) sore.

Nanang menambahkan, upaya evakuasi direncanakan menggunakan helikopter, karena lokasi ditemukannya kedua penyelam tersebut cukup jauh dari Kota Gerung, Lombok Barat. Hanya saja, kata dia, hingga saat ini pihak SAR masih mengupayakan tempat mendaratnya helikopter untuk melakukan penjemputan kedua penyelam tersebut.

"Menurut rencana akan kita evakuasi ke Rumah Sakit Tripat, Lombok Barat," Kata Nanang.

Sebelumnya, Joseph Summer dan Lisa Summer dilaporkan hilang di peraitan Teluk Sepi, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, setelah menyelam bersama pemadu wisatanya (guide) bernama Pi'i, Sabtu (21/7/2012) pagi, sekitar pukul 09.00 Wita. Badan SAR Mataram yang memperoleh laporan itu pada Sabtu siang langsung mengupayakan pencarian melalui jalur laut dan darat.

Upaya pencarian tim SAR sempat dilakukan menggunakan helikopter, karena tak membuahkan hasil. Belakangan diketahui, kedua pasutri tersebut ditemukan dalam keadaan selamat di rumah penduduk di sekitar Teluk Mekaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com