Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APBD Sentuh Setiap Dusun

Kompas.com - 10/07/2012, 16:10 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

SUKADANA, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, kembali membuat terobosan penggunaan anggaran dengan memberikan alokasi untuk setiap dusun. Alokasi untuk pembangunan infrastruktur dasar itu berkisar Rp 10 juta hingga Rp 50 juta per dusun setiap tahun.     

Bupati Kayong Utara Hildi Hamid, Selasa (10/7/2012), mengatakan, alokasi untuk setiap dusun disesuaikan dengan kebutuhan. "Alokasi dana dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) untuk dusun itu berbeda dengan anggaran dana desa yang sebelumnya sudah ada dan anggaran-anggaran lain dari dinas-dinas," kata Hildi.

Ini adalah terobosan terbaru kabupaten yang dimekarkan dari Ketapang tahun 2007 itu. Sebelumnya, Kayong menggratiskan semua biaya pendidikan, bahkan siswa diberi seragam.   

Dana untuk dusun dari APBD itu digunakan sesuai dengan usulan hasil musyawarah masyarakat. Ada yang menggunakannya untuk membangun jalan, membuat tempat penampungan air bersih, pos pelayanan terpadu, hingga jembatan kampung. Hildi menuturkan, total anggaran itu Rp 5,3 miliar untuk 168 dusun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com