Kompas.com - 05/07/2012, 15:03 WIB
|
EditorSonya Hellen Sinombor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah meningkat. Hingga  kuartal pertama tahun 2012 ada peningkatan sekitar 16 persen jumlah wisatawan yang berkunjung ke Borobudur.

Hal ini disampaikan Direktur PT TWC (Taman Wisata Candi) Prambanan Ratu Boko (Persero) Purnomo Siswoprasetjo, di Jakarta, hari ini, Kamis (5/7/2012).

Purnomo mengatakan, kunjungan wisatawan manca negara akan meningkat kembali saat musim liburan sekolah dan liburan hari raya Idul Fitri pada Juli-Agustus mendatang. Hal ini sangat besar terhadap angka pencapaian kunjungan pada tahun ini.

Dalam tiga tahun terakhir ini kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur terus meningkat. Pada 2011 angka kunjungan sebanyak 250.000 orang atau meningkat 15 persen 2010.

Menurut Purnomo  pihaknya secara resmi telah mencatatkan Candi Borobudur sebagai situs arkeologis Candi Budha terbesar dunia dalam Guinness World Records di London, Inggris.

Pencatatan itu dilakukan pada 27 Juni 2012 dan telah mendapatkan nomor klaim yang menyatakan candi Borobudur sebagai UNESCO world heritage list nomor 592 (1991) adalah situs arkeologi candi Budha terbesar di dunia. "Borobudur diakui secara resmi dengan nomor claims 396-198 di Guinness World Records di London, UK sebagai situs arkeologis candi Budha terbesar dunia," katanya.

Purnomo mengatakan, sertifikat resmi dari Guinnes World Recors saat ini sudah dikirimkan dari London ke kantor pusat PT TWC Borobudur Prambanan Ratu Boko (Persero) di Yogyakarta. "Mulai sekarang Candi Borobudur sudah menjadi official Guinness World Records title holders," katanya seraya berharap hal ini akan mendapat berbagai macam dukungan dan manfaat khususnya yang menyangkut pemasaran dan promosi internasional.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.