Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Wisatawan Candi Borobudur Naik 16 Persen

Kompas.com - 05/07/2012, 15:03 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah meningkat. Hingga  kuartal pertama tahun 2012 ada peningkatan sekitar 16 persen jumlah wisatawan yang berkunjung ke Borobudur.

Hal ini disampaikan Direktur PT TWC (Taman Wisata Candi) Prambanan Ratu Boko (Persero) Purnomo Siswoprasetjo, di Jakarta, hari ini, Kamis (5/7/2012).

Purnomo mengatakan, kunjungan wisatawan manca negara akan meningkat kembali saat musim liburan sekolah dan liburan hari raya Idul Fitri pada Juli-Agustus mendatang. Hal ini sangat besar terhadap angka pencapaian kunjungan pada tahun ini.

Dalam tiga tahun terakhir ini kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur terus meningkat. Pada 2011 angka kunjungan sebanyak 250.000 orang atau meningkat 15 persen 2010.

Menurut Purnomo  pihaknya secara resmi telah mencatatkan Candi Borobudur sebagai situs arkeologis Candi Budha terbesar dunia dalam Guinness World Records di London, Inggris.

Pencatatan itu dilakukan pada 27 Juni 2012 dan telah mendapatkan nomor klaim yang menyatakan candi Borobudur sebagai UNESCO world heritage list nomor 592 (1991) adalah situs arkeologi candi Budha terbesar di dunia. "Borobudur diakui secara resmi dengan nomor claims 396-198 di Guinness World Records di London, UK sebagai situs arkeologis candi Budha terbesar dunia," katanya.

Purnomo mengatakan, sertifikat resmi dari Guinnes World Recors saat ini sudah dikirimkan dari London ke kantor pusat PT TWC Borobudur Prambanan Ratu Boko (Persero) di Yogyakarta. "Mulai sekarang Candi Borobudur sudah menjadi official Guinness World Records title holders," katanya seraya berharap hal ini akan mendapat berbagai macam dukungan dan manfaat khususnya yang menyangkut pemasaran dan promosi internasional.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com