Gubernur Maluku Minta Warga Tahan Diri

Kompas.com - 15/05/2012, 11:54 WIB
EditorErlangga Djumena

AMBON, KOMPAS.com- Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu mengimbau warga kota Ambon khususnya dan Maluku secara umum untuk menahan diri serta tidak terpancing dengan insiden bentrokan antarkelompok warga di kawasan Negeri Batu Merah dan Mardika, Selasa (15/5/2012) pagi.

"Mari kita jaga kondisi dan situasi keamanan tetap kondusif. Untuk itu, saya mengimbau warga kota Ambon dan Maluku pada khususnya menahan diri dan tidak terpancing dengan insiden bentrokan di perbatasan Mardika," kata Gubernur Ralahalu, usai perayaan HUT Pattimura ke-195, di Ambon.

Ralahalu mengajak warga Maluku dan kota Ambon mempererat tali silahturahmi hidup sesama "orang basudara" (bersaudara) yang terbingkai dalam budaya hidup Pela dan Gandong sehingga berdampak suksesnya pelaksanaan MTQ XXIV tingkat nasional yang dijadwalkan berlangsung di Ibu Kota Provinsi Maluku itu, 8-19 Juni 2012.

Ia mengaku belum mengetahui pasti penyebab bentrokan antarwarga yang mengakibatkan sebanyak 50-an orang mengalami luka-luka. Selain korban luka tiga unit rumah warga di kawasan itu serta puluhan kendaraan roda dua juga ikut dibakar orang tidak dikenal (OTK) saat insiden tersebut.

"Penyebabnya masih diselidiki oleh Polisi sehingga kita tunggu saja hasil penyelidikan seperti apa. Saya juga meminta aparat penegak hukum menindak tegas para pelaku sesuai hukum dan perundang-undangan yang berlaku," tegas Ralahalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.