Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Desak Pemerintah Wujudkan Provinsi Papua Tengah

Kompas.com - 09/05/2012, 21:44 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

NABIRE, KOMPAS.com -  Masyarakat Papua mendesak pemerintah pusat segera mengaktifkan Proovinsi Papua Tengah, yang sudah dideklarasikan di Timika, 2005.

Ibu Kota Provinsi Papua tengah lebih layak di Nabire, karena memiliki sejumlah fasilitas pendukung memadai.

Provinsi Papua tengah telah ditetapkan dengan UU Nomor 45/1999 tentang pembentukan Provinsi Papua Barat, Papua Tengah, Kabupaten Paniai, dan Kabupaten Puncak Jaya.

Provinsi Papua Barat, Kabupaten Paniai, dan Kabupaten Puncak Jaya telah terealisasi, sementara Provinsi Papua Tengah sampai hari ini masih menggantung.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Nabire, AP You, di Nabire, Rabu (9/5/2012), mengatakan, DPRD Nabire, Paniai, Puncak Jaya, Biak Nunfor, Yapen Waropen, dan DPRD Supiori, sepakat mengajukan rancangan peraturan mengaktifkan kembali pembentukan Provinsi Papua Tengah segera mungkin.

"Papua Tengah itu sudah dideklarasikan Bapak Andreas Anggaibak tahun 2005 lalu, tetapi kemudian muncul provokator, lalu terjadi keributan, sehingga provinsi itu tidak berjalan sampai hari ini. Sekarang masyarakat menyadari, mereka telah dipermaikan pihak-pihak yang ingin mencari kepentingan pribadi, dan mendesak pemerintah RI segera mengaktifkan kembali Provinsi Papua Tengah itu," kata You.

Mantan Bupati Nabire dua periode berturut-turut (1999-2009) ini mengatakan, dua kabupaten yang dimekarkan sesuai UU Nomor 45/1999 itu pun sudah dimekarkan lagi menjadi beberapa kabupaten yakni Kabupaten Puncak, pemekaran dari Puncak Jaya; Kabupaten Deyai, dan Kabupaten Intan Jaya; pemekaran dari Kabupaten Paniai. Sementara Kabupaten Nabire telah dimekarkan lagi, yakni Kabupaten Dogiyai.

Provinsi Papua tengah meliputi 12 kabupaten antara lain, Nabire, Paniai, Dogiyai, Deyai, Intan Jaya, Puncak Jaya, Puncak, Yapen Waropen, Biak Nunfor, dan Supiori. Papua Timur dengan ibu kota Jayapura antara lain meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Wamena, Tolikara, dan Yahukimo.

Ia menegaskan, sebaiknya pemerintah pun segera merealisasikan pemekaran provinsi Papua Selatan yang telah diusulkan masyarakat dan pemda di wilayah selatan Papua. Enam kabupaten di wilayah selatan telah siap yakni Merauke, Mapi, Bovendigul, Asmat, Kaimana, dan Timika.

Meskipun Timika sebagai tempat deklarasi pertama Provinsi Papua Tengah tahun 2005, tetapi dari sisi budaya dan tradisi lebih dekat dengan wilayah Papua Selatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com