Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Mobil Dinas di Sumenep Pakai Pertamax

Kompas.com - 27/04/2012, 21:11 WIB
Taufiqurrahman

Penulis

SUMENEP, KOMPAS.com - Menjelang pemberlakukan pembatasan penggunaan bahan bakar minya (BBM) bersubsidi, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menggagas lebih awal agar mobil dinas segera beralih kepada BBM jenis Pertamax, sebagai ganti premium yang sudah dimanfaatkan saat ini.

Syaiful Bahri, Kepala Bagian Perekonimian Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep menjelaskan, usulan pengalihan pemanfaatan Premium ke Pertamax khusus mobil dinas di Sumenep sudah dikirim ke Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.

"Dalam waktu dekat, jika surat usulan itu sudah ada tanggapan akan segera diberlakukan," terangnya, Jumat (27/4/2012).

Langkah itu kata Syaiful, memang digagas lebih awal di Madura. Semangatnya tidak lain untuk penghematan pemanfaatan subsidi BBM.

"Setelah kami kaji, subsidi negara terhadap BBM cukup besar, namun yang memanfaatkan selama ini di antaranya adalah aparat pemerintah," kilahnya.

Namun demikian, dalam surat usulan tersebut tidak semua mobil dinas akan dialihkan menggunakan premium. "Khusus untuk kendaraan dinas dengan kapasitas mesin 1.300 CC ke atas, dan buatan tahun 2005 yang akan dialihkan. Sementara yang tidak termasuk kategori tersebut kita usulkan tetap tidak ada peralihan BBM," imbuhnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya bersama Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) dan seluruh jajaran Satuan Kerja di Pemkab Sumenep, akan melakukan pendatan mobil dinas yang akan dialihkan pengunaannya bahar bakarnya. Sebab, hal itu berkaitan dengan biaya operasional yang akan digunakan dalam APBD.

"Pertengahan tahun ini biaya operasional mobil dinas tersebut akan dilakukan perubahan dalam APBD tahun 2012, paska pengalihan premium ke Pertamax," ujarnya.

Khusus untuk Bupati sendiri, semua kendaraan dinasnya sejak awal sudah menggunakan BBM jenis Pertamax walaupun anggaran perjalanan dinasnya di APBD menggunakan Premium.

Bahkan dalam seminggu sekali, Bupati Busyro Karim datang ke kantornya dengan mengendarai becak pulang-pergi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com