Kasus Pertama Flu Singapura di Kota Malang

Kompas.com - 25/04/2012, 14:12 WIB
|
EditorKistyarini

MALANG, KOMPAS.com - Seorang warga Kota Malang terserang penyakit Flu Singapura. Ini merupakan kasus pertama Flu Singapura yang teridentifikasi di Malang.

"Kasus flu Singapura yang menyerang warga Kota Malang, dengan pasien Novi Indah Kurniawati itu adalah kasus pertama kali yang ditemukan," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Enny Sekar Rengganingati, kepada Kompas.com, Rabu (25/4/2012).

Pasien tersebut berusia 25 tahun dan merupakan warga Kelurahan Merjosari, Kota Malang.

Menurut Enny, dengan adanya kasus tersebut pihak Dinas Kesehatan Kota Malang akan terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat agar giat mengantisipasinya.

"Hingga saat ini, kami memang belum dapat laporan secara resmi. Jika ada sekali lagi, ini adalah yang pertama kali di Kota Malang. Antisipasinya, kita berharap masyarakat selalu waspada," ujarnya.

Flu Singapura beber Enny, selalu muncul dengan munculnya tanda-tanda klinis pada tubuh pasien, seperti ruam merah, demam dan muntah. "Namun, untuk membuktikan itu penyakit Flu Singapura, harus tetap dibuktikan melalui uji laboratorium," katanya. Karena tanda klinis penderita Flu Singapura itu, hampir sama dengan pengidap flu lainnya.

Enny mengatakan, sangat jarang penderita flu Singapura itu hingga meninggal dunia. "Kalau sampai kronis bisa saja terjadi. Tapi, jika penanganannya sangat cepat, akan mudah teratasi. Flu Singapura itu, disebabkan virus RNA, yang masuk dalam famili Picornaviridae," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.