Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Angkutan, Siswa Sekolah Berjalan Kaki

Kompas.com - 24/04/2012, 17:08 WIB
Adhitya Ramadhan

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com Ratusan siswa sekolah di lima kecamatan di Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, bersusah payah menempuh jarak yang jauh ke sekolah karena tak ada angkutan umum di daerah itu.

Padahal, di lima kecamatan tersebut beroperasi sejumlah perusahaan tambang batubara dan perkebunan swasta besar. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Perhubungan Kabupaten Bengkulu Tengah, Hanwiradi, Selasa (24/4/2012).

Kelima kecamatan tersebut ialah Kecamatan Pematang Tiga, Pagar Jati, Batanghari, Merigi Kelindang, dan Merigi Sakti. "Setiap satu kecamatan ada setidaknya satu SMP dan SMA. Belum lagi SD. Karena itu, pasti muridnya ratusan," katanya.

Selama ini, kebanyakan siswa sekolah berjalan kaki untuk mencapai sekolah. Mereka yang berangkat mengendarai sepeda motor atau diantar orang tuanya menggunakan kendaraan roda dua itu tidak banyak. Kebanyakan warga di kecamatan itu tergolong keluarga miskin.

Hanwiradi menambahkan, sampai sekarang tidak ada pengusaha yang mau berinvestasi membuka rute angkutan umum ke lima kecamatan ITU karena kondisi geografisnya yang berbukit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com