Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo Putar Film "Gempa 7.0 SR" di Simeulue

Kompas.com - 23/04/2012, 20:20 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring  melakukan sosialisasi penanggulangan gempa dan tsunami di Simeuleu, Aceh, Senin (23/4/2012) dengan pemutaran film edukasi berjudul "Gempa 7.0 SR".

"Masyarakat memang butuh literasi, memahami fenomena gempa dan tsunami secara ilmiah, sehingga mereka tidak panik dan mengerti cara-cara penyelamatan diri," ujar Tifatul yang didampingi staf Kemenkominfo dan BNPB dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Pemutaran film dilakukan malam ini dan dihadiri oleh Muspida Kabupaten Simeulue serta masyarakat setempat bertempat di Pendopo Bupati, Sinabang.

Film berdurasi 27 menit tersebut merupakan produksi Kemenkominfo dengan ide cerita berasal dari Tifatul sendiri.

Tayangan isinya menggambarkan simulasi suasana jika gempa berskala 7.0 SR terjadi lalu langkah-langkah apa yang harus dilakukan masyarakat.

"Jadi tidak usah panik, ikuti prosedur standar, bahkan penyelamatan ke dataran tinggi pascagempa tidak perlu dengan berebutan sebab selalu ada jeda yang cukup antara gempa dengan terjadinya tsunami," jelas Tifatul.

Pagi tadi Tifatul telah meresmikan PLIK (Pusat Layanan Internet Kecamatan) yang telah rampung 100 persen di seluruh kecamatan di Kabupaten Simeulue. Tifatul berpesan agar sarana internet ini dimanfaatkan untuk menimba ilmu pengetahuan, kepentingan ekonomi, dan info-info mengenai early warning system.

Tak lupa, Menkominfo tidak lupa mengingatkan agar masyarakat Simeulue senantiasa memelihara iman dan takwa, serta tawakkal menghadapi cobaan, menghadapi realita gejala alam, dan melakukan antisipasi bencana untuk meminimalisasi korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com