Kompas.com - 22/04/2012, 20:17 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BENGKULU, KOMPAS.com- Rumah pengasingan Bung Karno di Kelurahan Anggut Atas, Kota Bengkulu, yang hampir berusia satu abad itu rusak dan mendesak diperbaiki mengingat kondisinya yang telah lapuk.

Selama lebih kurang seminggu terakhir, tim dari Kelompok Kerja Pemugaran Balai Pelestarian, Peninggalan, Purbakala (BP3) Jambi telah mengidentifikasi kerusakan di rumah Bung Karno. Bahkan, tidak hanya di rumah itu, tim juga mengidentifikasi kerusakan makam Inggris yang berada di Kelurahan Jitra.

Anggota tim teknis Pokja Pemugaran, Wijiyanto, Sabtu kemarin, mengatakan, sebenarnya struktur bangunan rumah Bung Karno masih bagus. Akan tetapi, beberapa bagian rumah yang terbuat dari kayu sudah mulai lapuk, mengingat usianya yang hampir 100 tahun. "Kebanyakan keropos karena rayap," katanya.

Wijiyanto menambahkan, rumah yang pernah ditempati Bung Karno 1938-1942 itu 80 persen bahan bangunannya masih asli. Sekitar 40 persen balok lantai yang menghubungkan slop dengan dinding rumah sudah rusak.

Data kerusakan yang diperoleh nantinya, kata Wijiyanto, akan menjadi dasar pengusulan anggaran pemugaran beberapa bagian rumah Bung Karno. "Mudah-mudahan aka nada anggaran pemugaran rumah Bung Karno dan makam Inggris di tahun 2013 nanti," katanya.

Menurut Ketua Pokja Pemugaran Yanto Manurung, rumah pengasingan Bung Karno pernah dipugar tahun 1981-1985. Perbaikan kanopi belakang juga pernah dilakukan setelah gempa tahun 2000.

Yanto berharap, Pemprov Bengkulu sebagai pihak yang memanfaatkan rumah Bung Karno sebagai obyek wisata mengalokasikan anggaran juga untuk perbaikan kecil rumah tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Seksi Sejarah dan Purbakala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Sri Suryati, menambahkan, selama ini Pemprov Bengkulu-lah yang menarik retribusi wisata ke rumah pengasingan Bung Karno. Akan tetapi, jika ada kerusakan pemprov hanya bisa melaporkannya ke BP3 Jambi karena memang pemeliharaan bangunan itu berada menjadi kewenangan BP3 Jambi.

Makam Inggris

Selain rumah Bung Karno, tim juga mengidentifikasi kerusakan makam Inggris di Kelurahan Jitra. H asil identifikasi sementara ada beberapa makam yang membutuhkan perbaikan dan ada pula yang perlu dipugar.

Selama ini, BP3 Jambi belum pernah memugar makam Inggris tersebut. Perbaikan makam pernah dilakukan tahun 1988-1991 oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan Kedutaan Inggris. Berdasarkan data BP3 Jambi terdapat 128 makam di kompleks makam Inggris seluas lebih kurang 0,4 hektar itu.

Sebenarnya, di luar pagar kompleks makam masih terdapat beberapa makam. Makam-makam itu berimpitan dengan kantor kelurahan, Kantor Urusan Agama (KUA), dan rumah tinggal. Bahkan, rumah juru pelihara makam Inggris pun masuk dalam kawasan makam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.