Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran "Betawi Punye Gaye" di Bentara Budaya Jakarta

Kompas.com - 19/04/2012, 21:38 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Forum Kajian Antropologi Indonesia (FKAI) kembali bekerja sama dengan Bentara Budaya Jakarta (BBJ) menggelar pameran kebudayaan Betawi bertajuk "Betawi Punye Gaye" di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Kamis (19/4/2012) malam.

Hadir antara lain Direktur Eksekutif Bentara Budaya Jakarta Hariadi Saptono, Ketua Forum Kajian Antropologi Indonesia Mulyawan Karim, Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiarti, dan pencinta budaya Betawi, Emma Amalia Agus Bisri.

Pameran ini menampilkan arsitektur dan interior rumah Betawi, kuliner dan perabot dapur, kesenian dan instrumennya, pakaian, perhiasan, dan riasan perkawinan. Acara ini dihibur Harry's Palmer Orchestra yang menghadirkan perpaduan gambang kromong, keroncong, dan pop betawi, serta tari sirih kuning oleh Bentara Muda.

Selain pameran, acara lainnya yang digelar di BBJ adalah Bincang-bincang "Betawi Punye Gaye, Inspirasi Warisa Budaya Jakarta Asli" pada Rabu 25 April pukul 13.30-17.00. Acara ini akan menghadirkan Prof Yasmine Z Shahab (antropolog UI dan pakar kebudayaan Betawi), David Kwa (peneliti kebudayaan Betawi dan peranakan Indonesia), Harry Palmer (praktisi dan pengembang kesenian Betawi), dan Drs Ukus Kuswara MM (Dirjen Nilai Budaya Seni dan Film, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), dengan moderator JJ Rizal (eksponen generasi muda Betawi).

Sementara hari Jumat (27/4/2012) pukul 20.00 akan digelar pentas Wayang Betawi "Gatot Kaca Kembar" dengan dalang Ki Sukar Pulung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com