Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor ESDM Jatim Dihujani Tomat Busuk

Kompas.com - 28/03/2012, 15:18 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Puluhan mahasiswa berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM di depan kantor Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur di Jalan Tidar, Surabaya, Rabu (28/3/2012). Dalam aksinya mereka melempar tomat busuk ke halaman kantor Dinas ESDM.

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Perjuangan Rakyat Surabaya itu mendatangi kantor Dinas ESDM karena mereka menganggap instansi tersebut yang paling bertanggung jawab atas kenaikan harga BBM.

Juru bicara aksi, Hendrik, dalam orasinya mengatakan, kenaikan harga BBM akan semakin menyengsarakan rakyat yang saat ini masih merasakan kemiskinan. ''BBM naik, beras juga ikut naik, susu juga, dan dipastikan biaya pendidikan juga akan naik,'' katanya.

Karena itu, dia meminta pemerintah membatalkan kebijakan menaikkan BBM. Mahasiswa juga meminta perwakilan dari Dinas ESDM Provinsi Jatim untuk memberikan sikapnya dalam menolak kenaikan BBM.

Salah seorang pegawai yang akhirnya mewakili Dinas ESDM dalam menyampaikan sikap di atas mimbar orasi mengaku tidak memiliki kuasa untuk bersikap, karena itu adalah kebijakan pemerintah pusat. ''Kami tidak berwenang menolak atau mendukung kebijakan itu, kami hanya kepanjangan tangan pemerintah provinsi,'' kata utusan Dinas ESDM Jatim itu.

Kecewa dengan pernyataan tersebut, massa aksi akhirnya melempari halaman kantor Dinas ESDM Jatim dengan tomat busuk sebelum mereka mengakhiri aksinya. Aksi unjuk rasa sempat memacetkan arus lalu lintas di Jalan Tidar, karena selain puluhan mahasiswa, jalan alternatif tersebut juga dipenuhi polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com