Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa di Samarinda Gelar Aksi Teatrikal

Kompas.com - 27/03/2012, 12:12 WIB
Harry Susilo

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM bersubsidi di depan kantor Gubernur Kalimantan Timur, Kota Samarinda, Selasa (27/3/2012).

Pengunjuk rasa menggelar aksi teatrikal yang mengisahkan kesengsaraan rakyat akibat kenaikan harga BBM. Mahasiswa dari berbagai organisasi seperti Forum Gerakan Mahasiswa dan Masyarakat Kalimantan Timur, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Samarinda, Persatuan Politik Rakyat Miskin Kaltim dan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Mulawarman.

Mereka menilai, rezim Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono gagal menyejahterakan rakyat. Kebijakan menaikkan harga BBM dapat berakibat bertambahnya rakyat miskin.

Sejumlah mahasiswa beraksi teaterikal dengan mengecat merah badan mereka sembari tangannya diikat dan dicambuki mahasiswa lain yang mengenakan topeng bergambarkan SBY dan Boediono.

Aksi teaterikan menggambarkan kesengsaraan masyarakat akibat kebijakan SBY-Boediono yang dinilai tidak pro rakyat. Selain aksi teaterikal, mahasiswa juga membakar ban di depan kantor Gubernur Kaltim. Hal ini membuat polisi memblokir jalan dan mengalihkan arus lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com