Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDIP Menolak, Golkar Sepaham, Partai Demokrat Setuju

Kompas.com - 27/03/2012, 12:08 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Di tengah unjuk rasa yang berlangsung di depan Gedung Sate, anggota DPRD Jabar sempat didaulat untuk maju dan berorasi di tengah massa. Reaksi mereka beragam.

Beberapa anggota DPRD yang hadir mewakili Partai Golkar, Partai Demokrat, PDIP, maupun Hanura. Pada prinsipnya, para anggota DPRD memahami tuntutan pengunjuk rasa.

Diawali oleh Uu Rukmana, wakil dari Partai Golkar, mengatakan bahwa pihaknya secara prinsip memahami bahwa kenaikan BBM bakal menyengsarakan banyak orang. Untuk itu, dia bakal menyampaikan aspirasi tersebut kepada DPR RI.

Sikap yang tegas juga diperlihatkan PDIP melalui Rudi Harsa Tanaya. Dia mengatakan bahwa partainya sejak awal menolak rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM.

Begitu wakil dari Partai Demokrat, Awing, berbicara, dia mengatakan bahwa pihaknya mengerti bahwa kenaikan BBM bakal menyebabkan dampak positif maupun negatif. Namun, dia mengharapkan pengunjuk rasa memahami keputusan pemerintah untuk menaikkan harga BBM.

Sontak, ucapan tersebut mendatangkan kecaman dari pengunjuk rasa. Meski sudah diminta tenang, massa tidak menggubrisnya. Keadaan mereda setelah Rudi membacakan pernyataan fraksi PDIP kepada pimpinan DPRD Jabar mengenai penolakan mereka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com