Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongkrak Turis, Jepara-Karimunjawa Tambah Satu Kapal

Kompas.com - 24/03/2012, 04:52 WIB

JEPARA, KOMPAS - Pelayaran dari Jepara menuju Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, bertambah satu kapal lagi, yaitu Kapal Motor Express Bahari 9. Penambahan sarana transportasi yang dikelola PT Pelayaran Sakti Inti Makmur itu diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan.

Kapal cepat yang mampu menempuh jarak sekitar 73 km, Jepara-Karimunjawa, dalam tempo 1 jam 45 menit itu diluncurkan Jumat (23/3). Kapal pelengkap Kapal Motor Penumpang Muria dan Kapal Motor Cepat Kartini itu membawa 190 penumpang dan 9 anak buah kapal dalam pelayaran perdananya.

Pelaksana tugas Bupati Jepara Sholih mengatakan, penambahan kapal menuju Kepulauan Karimunjawa sangat penting. Selain semakin membuka akses pariwisata, juga mendorong perkembangan ekonomi di Karimunjawa.

”Kehadiran kapal cepat yang mampu mencapai Karimunjawa dalam tempo 1 jam 45 menit diharapkan bisa menambah daya tarik turis asing untuk berkunjung ke daerah itu,” katanya.

Sholih menambahkan, Pemerintah Kabupaten Jepara berharap kehadiran kapal tersebut semakin mengundang minat wisatawan datang ke Karimunjawa. Apalagi pada 2010 wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa mencapai 16.630 orang, dan 1.567 orang adalah wisatawan asing. ”Pada 2011, wisatawan yang datang bertambah, yaitu berjumlah 39.294 orang dan 2.016 orang merupakan wisatawan asing,” katanya.

Sarana keselamatan

Kepala Cabang PT Pelayaran Sakti Inti Makmur Johan BI mengemukakan, KM Express Bahari 9 dilengkapi dengan sarana keselamatan. Sarana tersebut, antara lain, jaket pelampung sebanyak 250 buah dan 4 life raft (rakit keselamatan).

”Jadwal keberangkatan Kapal Express Bahari 9 dari Pelabuhan Jepara ke Karimunjawa setiap Senin, Selasa, Jumat, dan Sabtu, sedangkan dari Karimunjawa ke Jepara setiap Senin, Rabu, Sabtu, dan Minggu,” tutur Johan.

Secara terpisah, Camat Karimunjawa Nuryanto menyambut baik kehadiran KM Express Bahari 9. Selain untuk mendongkrak kunjungan wisatawan, kapal itu memudahkan mobilitas warga Karimunjawa ke Jepara yang sebelumnya terbatas karena hanya dilayani dua kapal.

”Kami tetap berharap pemerintah menyediakan pesawat udara. Pesawat penting untuk mengatasi persoalan pangan dan wisatawan yang kerap tidak bisa pulang setiap angin musim barat dan timur,” katanya. (HEN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com