Upacara Melasti Digelar di Pantai Parangkusumo

Kompas.com - 18/03/2012, 22:06 WIB
Penulis Sutarmi
|
EditorTri Wahono

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan penganut Hindu tumpah ruah dalam upacara Melasti yang digelar di Pantai Parangkusumo, Mancingan, Parangtritis, DI Yogyakarta, Minggu (18/3/2012) siang tadi. Mereka berdatangan dari berbagai wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Seluruh umat Hindu mengenakan pakaian adat khas Bali. Upacara Melasti sendiri merupakan upacara penyucian diri (Buana Alit) dan bumi (Buana Agung) beserta isinya yang digelar tiap menjelang hari raya Nyepi. Sementara itu, iring-iringan Melasti dari Pura Jagadnatha, Banguntapan, Bantul, baru tiba di pelataran parkir Cepuri Parangkusumo sekitar pukul 14.00 WIB.

Ketua panitia Melasti, Ketut Gunawan, mengatakan, makna spiritual Melasti itu membuang segala macam sifat-sifat buruk dengan introspeksi diri. Sifat-sifat buruk yang dimaksud antara lain enam sifat atau Sad Ripu, Sad Tatayi (enam pembunuhan kejam), Sapta Timira (tujuh kegelapan), Dasa Mala, Tri Mala, Asta Dustha, serta Astha Corah.

"Tanpa menyalahkan orang lain selalu menasihati diri sendiri," ungkapnya.

Ia mengatakan, meskipun hari raya, janganlah menganggap Nyepi atau Melasti adalah hari terbaik. Sebab, semua hari adalah baik. Hari yang tidak baik adalah ketika umat melupakan Tuhan.

Seorang peserta upacara, Ni Luh Putri Meilinda Sari (19), berharap dari upacara Melasti ini ia bisa menyambut tahun baru Saka dengan lebih baik. Paling tidak, kehidupan pada tahun baru ini lebih baik dari tahun lalu. "Sekalian introspeksi diri," jelasnya.

Menurut dia, berbeda dengan Bali, perayaan di Yogyakarta jauh lebih sepi. Di tempat kelahirannya, pesertanya sangat banyak, tidak ada pengeras suara dan langsung ada gamelan. Diiringi rombongan juru kidung dan alunan musik tradisional Gong Blanganjur, arak-arakan pengusung Jempana dari enam pura di DIY dikirab menuju pantai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.