Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Terbuka Tetap Dilaksanakan di Aceh

Kompas.com - 13/03/2012, 16:23 WIB
Mohamad Burhanudin

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Kampanye terbuka akan tetap dilaksanakan dalam masa kampanye pemilihan kepala daerah di Aceh yang akan dimulai 22 Maret 2012. Pasalnya, semua pasangan calon meminta bentuk kampanye tersebut dan keberatan dengan masukan kepolisian setempat untuk meniadakan kampanye terbuka/pengerahan massa.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kampanye Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Zainal Abidin, Selasa (13/3/2012), mengatakan, kampanye terbuka ini diputuskan dalam rapat bersama perwakilan Kepolisian Daerah Aceh, Panitia Pengawas Pemilu Aceh, dan Satua Polisi Pamong Praja, serta utusan masing-masing kandidat kepala daerah.

Sebelumnya, Kepala Polda Aceh mengirim surat kepada KIP Aceh agar dalam masa kampanye lebih diutamakan kampanye tertutup. Kampanye dalam bentuk rapat terbuka harus dihindari mengingat kondisi di Aceh saat ini yang rawan terjadi gesekan. Hal tersebut juga didasarkan laporan intelijen bahwa ada potensi benturan dalam Pilkada Aceh.

”Apa yang disampaikan Kapolda Aceh itu sifatnya imbauan. Tapi, imbauan itu tak disepakati oleh pasangan calon. Jadi, kampannye terbuka tak bisa ditiadakan. Mereka ingin semua kampanye umum,” kata Zainal.

Untuk menghindari benturan saat kampanye terbuka, KIP Aceh telah menetapkan jadwal kampanye terbuka bagi masing-masing kepala daerah, khususnya pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Masing-masing pasangan calon berhak mendapat jatah kampanye terbuka sebanyak 55 kali dalam kurun waktu dua minggu, yakni mulai 22 Maret mendatang.

Jadi, calon satu berbeda tempat dengan calon lainnya pada hari yang sama. ”Dengan demikian, tak ada kampanye calon yang melaksanakan kampanye terbuka di tempat yang sama pada hari yang sama,” ujar dia.

Mengenai kondisi keamanan Aceh yang rawan, Zainal mengatakan, dia menyerahkan hal tersebut kepada kepolisian. Polisi mempunyai kewenangan untuk membatalkan kampanye apabila situasi keamanan tak mendukung. Namun, sampai saat ini tak ada masalah, tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com