Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gua Prasejarah Ditemukan di Bone

Kompas.com - 12/03/2012, 22:15 WIB
Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com — Sebuah gua yang diduga peninggalan prasejarah ditemukan di belantaran hutan Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, oleh sekelompok warga yang tengah berburu babi hutan, Minggu (11/3/2012). Dalam dinding gua ini terdapat ratusan gambar telapak tangan serta hewan buruan.

Selain laba-laba beracun, dalam dinding gua ini juga banyak ditemukan sarang burung walet yang belum terjamah. Sepintas gua ini mirip dengan gua leang-leang yang terdapat di Kabupaten Maros serta sejumlah gua peninggalan suku Aborigin di Australia.

Gua yang diduga peninggalan prasejarah ini terdapat di lereng pegunungan Taulekke Dusun Langi, Desa Langi, Kecamatan Bontacani, Kabupaten Bone. Untuk mencapai gua ini bukanlah hal yang mudah, yakni harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 5 km menyeberangi sungai dan menyusuri hutan belantara serta menapaki tebing berbatu.

Dalam gua ini terdapat ratusan lukisan telapak tangan manusia serta lukisan hewan buruan, seperti babi rusa serta anoa, yang merupakan hewan khas Sulawesi. Selain itu, terdapat satu lukisan berupa unggas raksasa. Lukisan berwarna coklat dan kemungkinan memakai bahan pewarna alami.

Gua yang memiliki dua ruangan yang masing-masing berukuran 15 x 10 meter ini juga terdapat spesies tarantula serta sejumlah sarang burung walet. Lukisan alam gua ini menandakan bahwa gua ini pernah dihuni oleh manusia purba pada zaman megalitikum.

Warga setempat tidak mengira bahwa ada gua seperti ini yang ada di tengah hutan belantara. "Iya, kami kan berburu babi, tapi hujan. Jadi kami berteduh di gua ini dan ada lukisan seperti ini disini," ujar Awal, salah seorang warga yang pertama kali menemukan gua ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com