Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKS Pilih Cagub yang Bisa Ubah Wajah Jakarta

Kompas.com - 09/03/2012, 19:46 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Masa akhir pendaftaran gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta sudah dekat, namun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hingga kini belum menentukan siapa calon yang direkomendasikan bertarung di pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun ini. Yang jelas, satu dari beberapa syarat wajib yang harus dimiliki adalah calon gubernur yang bisa mengubah wajah Jakarta.

Menurut PKS, Jakarta sebagai ibu kota negara masih banyak memiliki pekerjaan rumah yang segera diselesaikan diantara mencakup kebersihan, tata kota, pengangguran, serta berbagai masalah sosial dan ekonomi. ''Cagub dari PKS akan ditanya bagaimana dia mengubah wajah Jakarta, dan akan dikemanakan Jakarta,'' kata Presiden PKS, Lutfi Hasan Ishak saat akan membuka Rakornas Jati Jaya, Bali, Nusra di Surabaya, Jumat (9/3/2012).

Selain itu tentu saja, kata Lutfi, komitmen perjuangannya harus sesuai dengan visi dan misi PKS dalam membangun dan menyejahterkan rakyat. ''Kami tidak mau cek kosong, harus ada kontrak dan komitmen jelas yang tertulis bagi calon gubernur dari PKS,'' katanya.

Lutfi mengatakan PKS terbuka bagi siapa saja calon yang ingin maju, asalkan syarat-syarat tadi dipenuhi. ''Jika tidak, terpaksa kami akan menyodorkan nama dari PKS sendiri,'' kata Lutfi.

Nama Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Triwisaksana memang membawa nama PKS, tapi kata Lutfi, belum tentu politisi yang akrab dipanggil Bang Sani itu akan menjadi calon yang akan direkomendasi PKS.

Masa pendaftaran cagub-cawagub yang diusung partai politik akan berlangsung pada 13-19 Maret 2012. Dari seluruh partai yang ada, hanya dua partai yang bisa mengusung calonnya sendiri tanpa perlu berkoalisi karena sudah mencukupi kuota kursi di DPRD. Dua partai itu adalah Partai Demokrat (32 kursi) dan Partai Keadilan Sejahtera (18 kursi). Namun, kedua partai ini menyatakan diri akan berkoalisi dengan partai lain dan tidak akan berdiri sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com