Akseptor Terbanyak Surabaya Pecahkan Rekor MURI

Kompas.com - 26/02/2012, 19:18 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Surabaya menargetkan tahun 2012 akseptor keluarga berencana (KB) berhasil mencatatkan diri dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk pelayanan KB Metoda Operasi Wanita (MOW) dengan peserta terbanyak.

Dalam dua hari yakni 25-26 Februari 2012, mampu memperoleh 886 akseptor KB. Pencapaian ini berhasil m emecahkah rekor sebelumnya oleh Kabupaten Kediri sebanyak 654 orang.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Senior Manager MURI Paulus Pangka kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Surabaya, Minggu (26/2). Risma mengatakan, rekor MURI bukanlah tujuan utama, karena terpenting bagaimana mengendalikan laju pertumbuhan penduduk di Surabaya. Pemkot melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) dan KB berupaya memenuhi target akseptor KB dengan pendekatan kemanusiaan, ujarnya.

Kepala Bapemas Ikhsan mengatakan, pihaknya mengadakan Pelayanan Kontrasepsi Mantap (Kontap) khusus perempuan yang biasa disebut MOW atau tubektomi . Tubektomi, tindakan pengikatan dan pemotongan saluran telur agar sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma.

Peserta KB ini adalah pasangan usia subur (PUS) di wilayah Surabaya harus memenuhi tiga syarat yakni sukarela, bahagia dan sehat. Sukarela adalah peserta secar a sadar dan atas kemauan sendiri memilih MOW sebagai alat kontrasepsi. Bahagia dalam perkawinan yang sah telah dianugerahi dua anak, jika demikian anak terkecil minimal berumur 2 tahun, dan umur istri paling muda 25 tahun.

Untuk faktor kesehatan yang perlu diperhatikan tidak ditemukan hambatan atau kontradiksi untuk menjalani MOW. Selain itu calon peserta harus mengikuti konseling dan mengisi formulir persetujuan tindakan medik, ujar Ikhsan.

P elaksanaan MOW digelar di empat rumah sakit dengan rincian RSAL dr Ramelan sebanyak 219 akseptor, RSAD Kodam V Brawijaya 117 akseptor, RSAUr Sumitro 361 akseptor dan RS PHC Pelabuhan sebanyak 189 akseptor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.