Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cakupan Pelayanan PDAM Kudus Baru 18,4 Persen

Kompas.com - 22/02/2012, 16:02 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

KUDUS, KOMPAS.com- Cakupan pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kudus, Jawa Tengah, hingga 2011, baru menjangkau 18,4 persen penduduk di Kudus. Untuk itu, PDAM berniat menambah jangkauan layanan.

Kepala PDAM Kudus Ahmadi Syafa, Rabu (22/2/2012), mengatakan, penduduk Kudus di wilayah pelayanan PDAM berjumlah 425.823 jiwa. Dari jumlah itu, yang sudah terlayani sebanyak 123.895 jiwa atau baru 18,4 persen.

Sumber air pelayanan berasal dari sumur dalam dan sumur dangkal atau gali. Sumur dalam berjumlah 42 buah, sedangkan sumur gali mencapai 115.123 buah.

"Untuk meningkatkan cakupan pelayanan itu, PDAM bekerja sama dengan United States Agency for International Development (USAID) yang meluncurkan program Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene (IUWASH)," kata dia.

Ahmadi menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kudus telah menandatangani kesepakatan kerja sama program itu pada 22 Desember 2011. Sedianya program akan berjalan selama 5 tahun, 2011-2015.

"Salah satu pendampingan teknis yang telah dilakukan adalah kerja sama PDAM, Koperasi PDAM Tirta Makmur, dan Bank Syariah Mandiri Kudus. Kerja sama itu berbentuk pembiayaan kredit mikro bagi rumah tangga berpenghasilan rendah agar mendapat sambungan air minum," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com