Waspadai Pemanfaatan Zat Radioaktif dari Zirkon

Kompas.com - 10/02/2012, 12:51 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

PONTIANAK, KOMPAS.com — Maraknya ekspor material tambang zirkon dari Kalimantan Barat harus disertai dengan pengawasan yang lebih ketat. Pasalnya, ada indikasi pemanfaatan material yang mengandung zat radioaktif itu .

Kepala Seksi Konservasi Dinas Pertambangan dan Energi Kalimantan Barat Bambang Santoso, Jumat (10/2/2012), mengatakan, 30 persen kandungan zirkon adalah ilmenit dan titan.

”Itu mengandung zat radioaktif, tetapi mineralnya memang harus diekstrak dulu. Di Indonesia jarang ada yang mau mengolahnya dulu. Sebagian besar zirkon diekspor dalam bentuk bahan mentah”, kata Bambang.

Zirkon adalah bahan baku untuk pembuatan keramik dan komponen elektronik. Pasar ekspor zirkon terbesar dari Kalimantan Barat adalah China yang bersedia menerima zirkon dengan kadar rendah.

"Saya curiga, mereka mengekstrak lagi zirkon hingga mendapatkan mineral yang memiliki zat radioaktif itu,” kata Bambang.

Pekan lalu, jajaran Kepolisian Resor Ketapang, Kalimantan Barat, mengamankan 170 ton zirkon yang diangkut menggunakan kapal. Sampai saat ini, Polres Ketapang masih memeriksa kasus itu secara intensif karena mineral tambang itu diduga berasal dari tambang ilegal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.