Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Tak Menentu, Nelayan Colong-colongan ke Laut

Kompas.com - 02/02/2012, 17:16 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak menentunya cuaca di wilayah Jakarta dan sekitarnya beberapa waktu terakhir, ternyata tak hanya menghambat aktivitas warga di kota Jakarta, namun juga menghambat aktivitas warga pesisir ibukota. Seperti yang dialami nelayan Kali Adem, Muara Karang, Jakarta Utara, Kamis (2/2/2012).

Akibat kondisi angin di perairan yang tak menentu, mereka terpaksa selalu siaga melaut jika sewaktu-waktu kondisi angin dan ombak membaik. "Kalau cuaca begini, kita colong-colongan keluar lautnya, kalo anginnya tiba-tiba bagus, ya kita keluar, kalau nggak ya diem begini aja," ujar Jefri (42), nelayan tradisional asal Jawa Barat, saat ditemui di pinggir perahunya.

Ia mengaku terakhir menjaring ikan tiga hari lalu saat kondisi ombak dan angin diprediksi para nelayan membaik. "Ya itu aja melaut udah syukur, tapi kita tetep mantau-mantau," lanjutnya.

Ia mengatakan, pada hari Minggu lalu, ia beserta ke-16 anak buah kapal milik seorang juragan kapal, tengah mencari ikan di laut Jawa sejauh kurang lebih 5 kilometer dari Muara Karang. Tiba-tiba datang ombak besar dan kondisi angin memburuk. "Wah, kita langsung lari, untung waktu itu paling deket ke Tanjung Priok, udah, langsung berteduh di sana aja," ujarnya.

Ternyata benar saja, sekitar pukul 16.00 WIB, pria yang sudah menjadi nelayan semenjak tahun 1994 tersebut tampak dipanggil oleh kawan nelayannya, "Om, mari berangkat," teriak kawannya dari kejauhan. Jefri pun langsung melompat dari duduk silanya untuk bersiap-siap. "Tuh kan, ngga diduga-duga, saya melaut dulu ya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com