Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tegang... Delapan Warga Jalani Sumpah Pocong

Kompas.com - 02/02/2012, 05:17 WIB
Taufiqurrahman

Penulis

SUMENEP, KOMPAS.com Delapan warga Desa Pekandangan, Kecamatan Bluto, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (1/2/2012), menjalani sumpah pocong. Dari delapan warga itu, empat orang di antaranya dijadikan tertuduh kasus santet, yakni Ismaniyah, Asmoro, Abdullah, dan Rosyidah.

Keempatnya masih memiliki hubungan keluarga. Sementara itu, empat lainnya ditetapkan sebagai penuduh selaku korban santet, yakni Suaswi, Maryamah, Ramli, dan Lailiyah. Keempatnya juga masih memiliki hubungan kekerabatan.

Sumpah tersebut dilaksanakan di Masjid Jamik Baiturrahim, yang dipimpin oleh Kiai Rahem Usmuni. Proses pengambilan sumpah ini disaksikan ratusan warga desa setempat dan desa tetangga yang mengetahui kejadian tersebut. Sebelum proses pengambilan sumpah dilakukan, keempatnya dimintai kesiapan oleh Kiai Rahem Usmuni.

"Apakah kalian sudah benar-benar yakin bahwa akan melanjutkan sumpah pocong ini? Sebab dengan sumpah biasa sebetulnya sudah cukup di hadapan Allah," tanya Rahem Usmuni, yang diikuti dengan kalimat kesiapan dari kedelapan orang tersebut.

Dengan kesediaannya, empat orang tertuduh itu langsung dibaringkan dengan dibungkus kain kafan. Sementara di atas kepala masing-masing, ditaruh Al Quran. Kalimat sumpah pun langsung dibacakan oleh Rahem Usmuni.

Seketika, suasana di dalam masjid menjadi tegang. Di desa tersebut, ini merupakan satu-satunya sumpah pocong yang pernah dilaksanakan dan disaksikan ratusan warga.

Setelah empat tertuduh selesai menjalani proses pengambilan sumpah pocong, empat penuduh bergantian menjalani prosesi yang sama dengan cara serupa pula. Lagi-lagi, suasana menjadi tegang dengan kalimat-kalimat sumpah yang dibacakan keempat orang tersebut.

Prasangka negatif

Setelah prosesi selesai dilaksanakan, Rahem Usmuni menyampaikan kepada delapan orang tersebut dan kepada semua warga yang hadir bahwa di antara delapan orang tersebut sudah tidak ada lagi prasangka negatif terkait isu santet.

"Kedelapan orang ini sudah berjanji bahwa dalam sumpah yang dibacakannya akan mengandung balasan dari Allah jika tidak sesuai dengan apa yang diucapkan, baik secara lambat maupun secara mendadak," kata Rahem.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com