Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Rafflesia Kembali Mekar di Bengkulu

Kompas.com - 01/02/2012, 20:37 WIB
Adhitya Ramadhan

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Bunga langka terbesar di dunia, Rafflesia arnoldii, kembali mekar di Hutan Lindung Bukit Daun Register 5 di Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Hari Rabu (1/2/2012) ini merupakan hari ketujuh bunga tersebut mekar sempurna.

Tumbuh di inang tanaman jenis Tetrastigma atau anggur-angguran, bunga berdiameter sekitar 85 sentimeter itu berada di sebuah tebing di dalam hutan.

Lokasi mekar bunga Rafflesia itu hanya berjarak lebih kurang 300 meter dari Jalan Raya Bengkulu-Kepahiang. Beberapa bagian bunga itu terlihat hitam dan robek.

Menurut Anggota Lembaga Peduli Puspa Langka dan Lingkungan (LP2L2), Burman, bercak hitam dan robek pada bunga itu bukan disebabkan ulah manusia, melainkan memang sejak dari awal kondisi bongkol bunga tersebut sudah seperti itu.

Rafflesia yang mekar itu menarik perhatian warga yang melintas di Jalan Raya Bengkulu-Kepahiang. Tidak sedikit warga yang melintas di Jalan Raya Bengkulu-Kepahiang singgah sejenak di lokasi itu untuk melihat bunga Rafflesia mekar.

LP2L2 selalu memasang tanda berupa spanduk, bendera, dan umbul-umbul di tepi jalan setiap kali ada bunga Rafflesia mekar. Dengan demikian, warga bisa mengetahui ada Rafflesia yang sedang mekar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com