Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Toko dan 3 Rumah Terbakar, Tak Ada Korban Jiwa

Kompas.com - 31/01/2012, 23:16 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran yang terjadi di Pasar Boplo, samping Stasiun Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2012), telah ditangani petugas Pemadam Kebakaran (Damkar). Sebanyak enam toko dan tiga rumah dilalap api. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Ada enam toko dan tiga rumah terbakar. Setelah petugas kami mencari, ternyata tidak ada korban jiwa," kata Paimin Napitupulu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) DKI Jakarta di lokasi kebakaran.

Kobaran api mulai bisa di atasi sekitar pukul 22.00 WIB tadi. Petugas Damkar sebelumnya sempat kewalahan lantaran kehabisan pasokan air. Sumber air terdekat harus disedot dari Kali Pasir, Cikini, dikarenakan hidran-hidran di sekitar kawasan Menteng memiliki debit air terlalu kecil.

Beruntung rambatan api telah berhasil dilokalisasi sebelumnya. Alhasil, kebakaran tidak sampai meluas ke wilayah perkantoran di Jalan Johar.

Kebakaran yang mulai terjadi sejak pukul 20.13 WIB itu terjadi di RT 16/RW 06, Kelurahan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Sebelumnya, Paimin menyatakan, kebakaran kemungkinan berasal dari terbakarnya kompor di salah satu rumah di kawasan Pasar Boplo atau Pasar Gondangdia Lama. Kobaran api sempat membesar saat mencapai Toko Sinar yang menjual gas.

Petugas Damkar akhirnya berhasil mengeluarkan lebih dulu ratusan tabung gas dari toko tersebut. Petugas juga berhasil mencegah merambatnya api ke Kantor Dana Pensiun Garuda Indonesia dan Kantor Majalah Nagaswara yang berbelakangan dengan lokasi kebakaran.

Berdasarkan laporan warga, Paimin juga sempat meminta aparatnya mencari dua orang yang disebutkan masih terjebak di dalam rumah di tengah lokasi kebakaran. Namun, setelah dilakukan pencarian, tidak ditemukan adanya korban jiwa dalam peristiwa ini.

Saat ini petugas Damkar masih membersihkan sisa-sisa bara di lokasi tersebut. Sebanyak 27 kendaraan operasional Damkar dari kantor Dinas, dan kantor Sudin Damkar Jakpus dan Jaktim diterjunkan ke lokasi untuk membantu pemadaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com