Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Integrasi Transjakarta-KRL Harus Menyeluruh

Kompas.com - 27/01/2012, 17:50 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, membenarkan bahwa tiket elektronik untuk bus Transjakarta akan terealisasi di semua koridor pada Juni 2012. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dan mencegah kebocoran tiket yang selama ini sering diberitakan. "Benar sekali. Untuk bulan Juni 2012 ini, penumpang bus Transjakarta akan menggunakan tiket elektronik," kata Pristono ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (27/1/2012).

Mengenai integrasi dengan Kereta Rel Listrik (KRL), Pristono menyambut baik hal tersebut. Namun perlu koordinasi yang kuat antara pihaknya dengan pihak pengelola KRL untuk mewujudkan sistem integrasi antar moda ini agar memudahkan masyarakat menggunakan angkutan umum. "Tinggal dikoordinasikan saja. Jadi dengan tiket elektronik ini, nanti tinggal dikoneksi saja antara KRL dan bus Transjakarta. Jadi cuma sekali beli," jelas Pristono.

Ia menambahkan bahwa integrasi ini tidak hanya pada tiket elektronik saja melainkan juga pada wujud fisiknya. Ia memberi contoh bahwa selama ini halte-halte bus Transjakarta sengaja dibangun di dekat stasiun-stasiun kereta agar masyarakat yang ingin pindah moda angkutan tidak kesulitan.

Untuk itu, Pristono mengusulkan agar pihak pengelola stasiun menyediakan semacam pedestrian dengan kanopi yang mengarahkan para penumpang kereta untuk beralih ke bus Transjakarta. Sehingga bagi masyarakat yang ingin naik bus Transjakarta, dapat dengan mudah menemukan halte yang dekat dengan stasiun. "Sekarang masalahnya dari stasiun belum nyamperin ke halte busway. Sedangkan halte busway selalu mendekati stasiun. Jadi semacam bertepuk sebelah tangan," tandas Pristono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com