Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Imbau Tahanan di Bima Serahkan Diri

Kompas.com - 27/01/2012, 12:34 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 10.000 warga mengamuk dan membebaskan paksa 53 orang tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Raba, Kabupaten Bima. Namun, polisi mengatakan hingga saat ini belum dilakukan penangkapan kembali terhadap tahanan yang lepas.

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Komisaris Besar Boy Rafli Amar, pihaknya mengimbau para tahanan menyerahkan diri. "Belum (dicari tahanan yang dikabur). Sedang diminta untuk serahkan diri kepada mereka yang lari atau dibawa lari secara paksa dari rutan. Kami mengimbau, ya untuk serahkan diri saja," ujar Boy di Gedung Humas Polri, Jakarta, Jumat (27/1/2012).

Boy menyatakan, pihak kepolisian menggunakan cara persuasif untuk saat ini. Sudah ditetapkan tenggat waktu bagi mereka yang lepas dari tahanan. Namun, Boy enggan menyatakan waktu yang ditentukan.

"Ya beberapa hari ya ditunggu. Yang pentingkan semua namanya sudah tercatat, data-datanya sudah ada, kalau ini tidak diselesaikan secara tuntas, tentu akan merugikan masyarakat sendiri," ujarnya.

Sebelumnya para pengunjuk rasa Bima mendatangi kantor Bupati Bima dan memaksakan tahanan titipan polisi dibebaskan. Para tahanan tersebut ditangkap saat kejadian rusuh di Pelabuhan Sape, Bima, 24 Desember 2011 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com