Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaki Gunung Singgalang Pingsan

Kompas.com - 01/01/2012, 17:45 WIB
Ingki Rinaldi

Penulis

PADANG, KOMPAS.com- Seorang pendaki Gunung Singgalang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, diketahui pingsan pada Minggu (1/1/2012) pagi, saat beristirahat di kawasan puncak setelah merayakan malam pergantian tahun.

Ketua Marapi Adventure Camp yang juga ketua SAR Marapi, Jofri Andres, mengatakan, pendaki itu sudah dievakuasi menuruni gunung dan dibawa pulang anggota keluarganya.

Jofri mengatakan, pendaki yang pingsan itu berasal dari Kota Bukittinggi dan pingsan karena kedinginan. "Tapi bukan hipotermia, hanya mungkin saja kondisi fisik dan persiapannya kurang bagus," katanya.

Korban yang masih remaja itu lalu diselamatkan tim penolong dengan mengupayakan pengembalian suhu tubuh ke keadaan normal. Pendaki itu kemudian sadarkan diri dan selanjutnya dievakuasi.

Sementara itu, pendakian di Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanahdatar yang dilakukan pendaki untuk merayakan pergantian tahun, hingga sejauh ini masih berlangsung tanpa hambatan. Jofri mengatakan, tahun ini ada sekitar 650 pendaki menuju puncak Gunung Singgalang untuk merayakan pergantian tahun.

Sedangkan di Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam dan Tanahdatar serta masih tertutup untuk pendakian, Jofri mengatakan tak kurang 350 pendaki merayakan malam pergantian tahun baru di gunung tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com