Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin 2011

Kompas.com - 22/12/2011, 09:51 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melaksanakan apel gelar pasukan "Operasi Lilin 2011" pada Kamis (22/12/2011) pagi, di silang Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Gelar pasukan ini dilakukan dalam rangka kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2012.

Apel yang dipimpin Kapolri Jenderal Timur Pradopo selaku inspektur apel ini dihadiri oleh seluruh pejabat dari instansi lintas sektoral. Turut hadir Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Untung Suharsono Rajab, dan Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Waris.

Di dalam apel kali ini, Kapolri menyematkan pita operasi kepada perwakilan petugas lintas sektoral. Ribuan personil dari berbagai satuan mulai dari Sabhara, Lalu Lintas, Brimob, dan pasukan berkuda juga diperiksa kesiapan terakhirnya oleh Kapolri.

Di dalam sambutannya, Kapolri mengatakan pihaknya berharap perayaaan Natal dan Tahun Baru yang sarat akan mobilitas masyarakat dapat berlangsung aman dan lancar. Ia juga menitikberatkan dalam ancaman terorisme yang mungkin hadir dalam pelaksanaan itu.

"Terorisme menjadi ancaman serius dan atensi dalam perayaan tahun baru dan natal. Hal ini menuntut peranan Polri dalam merumuskan cara cepat dan cara bertindak efektif untuk antisipasi kerawanan," ungkap Timur.

Operasi Lilin 2011 ini berlangsung selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember 2011-1 Januari 2012. Sebanyak 83.457 personil kepolisian, 18.000 personil gabungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan instansi terkait akan disiagakan selama operasi berlangsung. Selain itu 4.000 pos pengamanan akan dibangin di seluruh Indonesia.

"Personil akan disebar di objek-objek perayaan natal dan tahun baru seperti tempat ibadah, objek wisata, dan lokasi pergantian tahun," kata Kapolri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com