Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang di Dieng, Tiga Tewas

Kompas.com - 18/12/2011, 18:05 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Akibat hujan deras mengguyur kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah sejak pagi, Minggu (18/12/2011) sekitar pukul 12.30, terjadi banjir bandang dari Sungai Grobok, dikawasan pegunungan di Desa Tieng, Kecamatan Kejajar.

Banjir bandang itu menyebabkan tanggul sungai jebol, kemudian banjir menyapu sejumlah rumah di bawah bukit hanyut dan hancur. Dilaporkan saat ini, terdapat tiga warga meninggal, sedangkan warga lain berhamburan mengungsi.

"Upaya evakuasi masih berlangsung di lokasi kejadian rumah hanyut itu. Peristiwa itu kabarnya berlangsung cepat ketika anak sungai Serayu itu meluap," demikian Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Permana yang memperoleh laporan saat dihubungi berada di Jakarta.

Sarwa mengatakan, karena evakuasi terhadap penduduk yang menjadi korban banjir bandang itu masoh berlangsung, pihaknya belum memperoleh laporan mengenai detail nama-nama korban. Korban adalah penduduk setempat di Dusun Tieng, Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Hingga Munggu pukul 17.30, akibat peristiwa banjir bandang tersebut sedikitnya 75 keluarga di dusun tersebut terpaksa mengungsi ke rumah-rumah saudaranya di lain desa yang lebih aman.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jateng dan Pemkab Wonosobo tengah mengevaluasi, apakah dusun tersebut masih layak dihuni sebagai permukiman warga atau harus ditinggalkan. Jika dusun tersebut dinyatakan tidak layak, warga akan diminta untuk relokasi ke daerah lain yang lebih aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com