Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Makanan Minuman Kedaluwarsa Jelang Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 13/12/2011, 12:20 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Mendekati momen hari raya Natal dan Tahun Baru, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang mulai mengawasi peredaran makanan dan minuman di sejumlah pasar dan swalayan di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/12/2011).

Petugas dari Disperindag Kota Semarang melakukan penertiban terhadap pedagang makanan yang mereka datangi secara acak, seperti di Pasar Pedurungan. Mereka meneliti setiap makanan yang dijual telah layak edar, seperti mencantumkan waktu kedaluwarsa dan terdaftar di dinas kesehatan.

Dalam penertiban tersebut masih banyak pedagang yang menjual makanan tanpa diketahui masa berlakunya serta tidak ada nama dan alamat produsennya. Redahnya pengetahuan konsumen terhadap makanan yang dibeli juga menjadi sasaran empuk pedagang yang memajang makanan kedaluwarsa dalam bentuk parsel.

Sumisgiono, Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Disperindag Kota Semarang, mengatakan bahwa penertiban ini tidak ada sanksi, masih sebatas imbauan. Sementara ini, pedagang hanya menandatangani berita acara tentang makanan yang tidak layak konsumsi yang harus dikembalikan lagi kepada penyalur.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com