Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Sultan Babullah Kembali Beroperasi

Kompas.com - 11/12/2011, 15:07 WIB
Aswin Rizal Harahap

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com — Bandara Sultan Babullah, Kota Ternate, Maluku Utara, beroperasi kembali, Minggu (11/12/2011), tujuh hari pascaletusan Gunung Gamalama. Namun, belum semua jadwal penerbangan dari dan menuju Ternate berjalan normal.

Sepanjang hari Minggu ini, hanya tiga dari tujuh rute yang telah berjalan, yakni Garuda Indonesia tujuan Manado pukul 13.25 WIT, Express Air tujuan Makassar pukul 13.45, dan Wings Air tujuan Manado pukul 1 4.00. Garuda Indonesia tujuan Makassar dan Jakarta yang sedianya diberangkatkan pukul 16.30 batal karena urung mendapat izin dari pihak pengelola bandara.

"Pihak pengelola membatasi waktu penerbangan hingga pukul 15.00 pada hari pertama operasional bandara," ungkap Manajer Garuda Indonesia Cabang Ternate Irawan Suryadi.

Penerbangan ke Makassar dan Jakarta akan diberangkatkan besok pukul 09.40. Sementara Sriwijaya Air dan Batavia Air yang melayani tujuan Manado dan Jakarta baru beroperasi mulai besok. Begitu pula dengan jadwal penerbangan Express Air ke kepulauan di sekitar Halmahera Selatan, seperti Buli, Sanana, dan Labuha, serta Ambon, mulai beroperasi Senin.

Aktivitas Gunung Gamalama terus menurun sejak meletus pada Senin dini hari lalu. Amplitudo gempa tremor yang saat itu mencapai 34 milimeter kini hanya 0,5-1 milimeter. Gempa vulkanik yang sempat terjadi sebanyak 131 kali saat meletus kini tak terjadi lagi.

"Namun, status gunung masih siaga (level III) karena embusan asap belum sepenuhnya hilang," kata Kepala Subbidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kristianto di Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com