Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Sukses Gelar 25.444 Desa Dering

Kompas.com - 05/12/2011, 18:58 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Langkah Telkomsel menggelar 25.444 titik desa dering di daerah terpencil mendapat penghargaan dari Menteri Komunikasi dan Informatika dalam ICT PURA dan Universal Service Obligation Award 2011 di Surabaya, Senin (5/12/2011).

Telkomsel satu-satunya operator GSM di Indonesia yang memperoleh penghargaan tertinggi di ajang bergengsi tersebut.

Direktur Keuangan Telkomsel Triwahyusari mengatakan, penghargaan USO Award 2011 terkait layanan telekomunikasi yang mengedepankan pemerataan komunikasi terpadu dengan menjangkau seluruh pelosok masyarakat desa tertinggal. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di pedesaan, terutama dalam penciptaan jaringan komunikasi yang mudah, murah, dan cepat.

Beberapa program USO itu antara lain Desa Dering, Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK), dan mobile PLIK. Saat ini Telkomsel telah berhasil membantu pemerintah dan masyarakat mendapatkan layanan telekomunikasi di titik-titik perbatasan dan pulau terluar melalui Desa Dering.

Telkomsel ikut berperan dalam program Desa Dering yang dimulai 2009 sampai 2010 dan telah membangun 25.444 titik layanan yang tersebar di seluruh desa di wilayah Nusantara.

Kelanjutan Program Desa Dering, Telkomsel akan melakukan pengembangan Desa Dering menjadi Desa Pintar, di mana secara layanan selain layanan dering akan ditambahkan perangkat komputer dan akses internet.

Telkomsel juga telah menerapkan solusi komunikasi menembus jalur bahari melalui penggelaran jaringan telekomunikasi di 15 kapal Pelni dengan pengimplementasian inovasi teknologi Telkomsel melalui program Telkomsel  Merah Putih, yakni Telkomsel Menembus Daerah Pedesaan (termasuk daerah wisata dan resort), Industri Terpencil (pengeboran lepas pantai, hutan, puncak bukit), dan Ba Hari (jalur transportasi laut) yang dilaksanakan sejak Juni 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com